PASURUAN - Pendampingan terkait ketahanan pangan yang dilaksanakan oleh Koramil jajaran Kodim 0819/Pasuruan yang tersebar dibeberapa Kecamatan mendapat respon positif oleh warga masyarakat.

Fakta pendampingan pertanian nampak terlihat seperti pada saat ini yang dilakukan oleh Babinsa Desa Sumbersuko Serda Sutemanto dengan melakukan Upaya Khusus (Upsus) yaitu panen padi dilahan milik Bapak H. Sodikin. Rabu, (28/8/2019).

Kegiatan panen padi di areal persawahan seluas 1 Ha yang ditanami padi jenis bibit varietas cherang dilakukan oleh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Serda Sutemanto bersama Ketua Poktan dan tim PPL Kecamatan Kejayan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dalam proses panen padi tersebut, Babinsa Desa Sumbersuko Dusun Karangasem Kecamatan Kejayan serta beberapa para petani tampak semangat saat memotong tanaman padi dalam proses panen dan hal tersebut menurut Babinsa salah satu cara mendorong motivasi petani.

“Demi wujudnya swasembada pangan, pantang menyerah walaupun panas terik matahari membakar badan," ucap Babinsa disela membantu panen padi.

Terlebih sebagai Babinsa sudah sepantasnya berjibaku dengan lumpur dan gatal-gatal di badan, karena tugas saya sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan panen padi seperti ini, "imbuh Serda Sutemanto menambahkan".

Babinsa Serda Sutemanto yang kesehariannya berdinas di Koramil 0819/04 Kejayan juga sedikit menjelaskan kepada awak media Penerangan Kodim (Pendim) 0819, yang mana Produktivitas gabah yang didapat dari lahan panen tersebut mencapai kurang lebih 5,4 ton dengan hasil umbinan 2,5 ton/Ha.

Kapten Arh. Suprawoto selaku Danramil 0819/04 Kejayan membenarkan bahwa dalam menyukseskan program swasembada pangan nasional, TNI Angkatan Darat memerintahkan Babinsa supaya aktif untuk terjun ke lapangan dan berkoordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugas di lapangan, sehingga dapat berjalan dengan lancar terkait dengan progam pertanian.

Sementara itu, pemilik lahan yaitu H. Sodikin (53) menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada Babinsa Serda Sutemanto yang sudah terjun langsung mulai dari mengolah lahan, menanam padi, tahap perawatan sampai panen yang dilaksanakan saat ini.

“Terima kasih Pak Babinsa Koramil 0819/04 Kejayan, dengan adanya pendampingan maka hasil panen tahun kali ini cukup bagus, harapan kami kesejahteraan para petani dengan bertahap terus meningkatkan,” Ungkap H. Sodikin.

Dirinya berharap, pendampingan tersebut bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa ikut menciptakan swasembada pangan nasional sebagaimana yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah.(Srm)

0 Komentar