PASURUAN - Dilaksanakannya kegiatan pendampingan Upaya Khusus (Upsus) kepada petani oleh Serka Rois Babinsa Kelurahan Gadingrejo, pada kali ini dilakukan seusai menghahdiri upacara hari Pramuka, yangmana dimulai sekira pada pukul 09.30 WIB sampai dengan selesai. 

Terlihat di tengah pematang sawah, Babinsa Serka Rois terjun langsung melakukan pendampingan yaitu membajak sawah dengan menggunakan mesin Hand Tracktor di lahan sawah milik H.Amir di wilayah binaan, tepatnya di Rt.003 / Rw.002, Kelurahan Gadingrejo, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Rabu, (14/08/2019).

Menurut Serka Rois Babinsa Koramil 0819/25 Gandingero bahwasanya kegiatan pendampingan tersebut guna untuk memberikan motivasi serta mempercepat masa tanam agar swasembada pangan terus berlanjut.

"Pengorbanan seorang petani, khususnya petani padi sungguh sangat luar biasa mengingat padi merupakan bahan pokok yang mutlak dibutuhkan oleh banyak masyarakat dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Serka Rois.

Informasi yang didapat oleh Babinsa Serka Rois dalam membantu H.Amir, nantinya sawah tersebut akan ditanami jenis padi IR 64, melihat saat ini musim kemarau terkait pengairan yaitu dibantu dari sungai.

Kapten Arh. Indar Sumarsono selaku Danramil 0819/25 Gandingero menuturkan, kegiatan ini dilakukan secara kontinyu oleh anggotanya (Babinsa) salah satunya sebagai sarana untuk mewujudkan kedekatan Babinsa dengan Warga. 

"Dengan demikian setidaknya seorang Babinsa bisa melihat, mendengar, merasakan dan semaksimal mungkin bisa membantu para petani binaan untuk mengatasi masalah yang ada dalam kehidupan warga masyarakatnya terutama dalam hal pertanian mewujudkan Indonesia mandiri  dalam swasembada pangan", papar Danramil 0819/25.

Ditempat terpisah, menurut Pasiter Kodim 0819/Pasuruan Kapten Kav. Nasrokin mengatakan, tujuan para Bintara Pembina Desa (Babinsa) terjun langsung dilapangan agar Babinsa bisa menyatu dan dapat merasakan bagaimana jadi seorang petani yang sehari-harinya tanpa mengenal lelah untuk mewujudkan swasembada pangan sesuai yang dicanangkan oleh pemerintah.

Untuk meningkatkan kesejahteraan dalam hal pertanian, Kapten Nasrokin menghimbau kepada petani bilamana mengalami kesulitan atau keterlambatan pupuk bisa segera melaporkan ke Babinsa yang ada di wilayah masing-masing dengan harapan dapat segera diatasi serta diambil langkah-langkah yang tepat.

H.Amir selaku pemilik lahan sawah menyambut baik kedatangan Babinsa, dan mengucapkan banyak terima kasih atas bantuan melakukan pengolahan lahan padi yang sudah dilakukan oleh Babinsa Serka Rois anggota Koramil 0819/Pasuruan.(Srm)

0 Komentar