PASURUAN - Babinsa Sumberagung anggota Koramil 0819/05 Grati Serda Soni Dwi S sedang melaksanakan Upsus dengan membantu petani melaksanakan penjemuran gabah dan penggilingan padi di Dusun Pangkrengan Desa Sumberagung kecamatan grati, jum'at (10/05/2019)

Proses pengolahan gabah menjadi beras melalui proses pemanenan, perontokan pengeringan penggilingan dan penyimpanan Gabah di panen pada tingkat kadar air sekitar 22% sampai 25% basis basah.

Gabah dengan kadar air demikian tidak dapat langsung digiling karena kulitnya masih cukup basah sehingga sukar pecah dan terkupas. Gabah perlu di keringkan hingga kadar airnya berkisar 14% basis basah.

Jika gabah tidak segera di keringkan akan terjadi kerusakan pada butir beras yang akan di hasilkan ditandai dengan warna beras yang tidak bagus bisa putih Gabah dengan kadar 15% tidak mempunyai ketahanan simpan.

Meskipun cuaca sangat terik Terlihat Babinsa Koramil 0819/05 Grati Serda Soni Dwi S dengan semnagat ikut bersama petani menjemur padi.

Pendampingan petani yang dilakukan oleh Babinsa bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan mensukseskan Program Pemerintah dalam mewujudkan Swasembada pangan Nasional.

“Selaku babinsa, kami akan terus melaksanakan pendampingan khsusus kepada seluruh poktan di wilayah binaan saya. Kita ingin, semua petani kita senang dan ekonomi bisa membaik dengan hasil panen yang berkualitas,” ujar serda soni dwi s

Sementara itu salah seorang petani, sangat mengapresiasi kepedulian babinsa kepada seluruh petani. Mulai dari musim tanam, monitoring tanaman padi, hingga panen.

“Dengan pendampingan secara khusus oleh TNI dalam hal ini, babinsa maka semua petani lebih semangat dan memiliki pengetahuan terkait cara betani yang baik, supaya mendapat hasil yang maksimal,” ucapnya.(Fj)

0 Komentar