PASURUAN - Rumput di sekitar tanaman padi jika di biarkan akan mengganggu dan menghambat pertumbuhan padi itu sendiri. Akibatnya tanaman menjadi kurang subur. Rumput bisa menutupi pertumbuhan padi, yang dapat menjadikan tanaman kurang sehat, bahkan bisa mati.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Ds Karang Sentul anggota Koramil 0819/14 Gondangwetan Serma Edi S Kec. Gondangwetan yang sedang mendampingi petani menyiangi tanaman padi, di sawah milik Hj Halimah Dsn Sumberejo Rt 01/10. Ds Karangsentul, Luas lahan. 0,299 Ha. Pada hari jum'at (10/05/2019)

Penyiangan atau matun padi adalah pembersihan rumput liar atau gulma yang biasa tumbuh berdampingan dengan tanaman padi. Perawatan tanaman padi seperti ini harus rutin dilakukan agar lahan sawah bersih dari rumput liar yang mengganggu perkembangan tanaman padi yang akan berdampak pada saat masa panen kelak.

Sebagai Babinsa yang merupakan ujung tombak terdepan di wilayah Serma Edi S selalu bekerja dengan tulus dan bersinergi dengan pihak PPL untuk terus aktif mendampingi petani langsung maupun tak langsung untuk memaksimalkan target yang harus dicapai yaitu peningkatan hasil produksi pertanian.

Danramil 0819/14 Gondangwetan Kapten Arm I Made Sukartika juga berpesan agar Babinsa selalu aktif dalam pendampingan agar para petani bisa mencapai hasil yang maksimal sehingga target ketahanan pangan di Kab. Pasuruan khususnya di Kec. Gondangwetan dapat sukses diwujudkan.(Fj)

0 Komentar