PASURUAN - Anggota koramil 0819/11 Beji Sertu addy beserta 3 anggota melaksanakan kegiatan kerja bakti penanaman pohon refugia di sawah yang berada di Sepanjang Rel Kereta api Desa Beji kecamatan beji, pada hari sabtu (20/04/2019).

penanaman pohon refugia tersebut dalam rangka mendukung MTS ( Menejemen Tanaman Sehat) program TA 2019, Langkah ini dilakukan untuk menghindari serangan hama pada komoditas pertanian.

Komandan koramil 0819/11 Beji Kapten Arh Nanang Sugito saat dikonfirmasi, membenarkan adanya kegiatan yang melibatkan anggotanya tersebut. Menurutnya, kegiatan ini memberi banyak manfaat. Selain untuk membantu petani mempersiapkan musim tanam, penanaman bunga refugia juga memberi estetika tersendiri sekaligus mendukung program pemerintah tentang ketahanan pangan.

Komandan Kodim 0819/Pasuruan Letkol Arh Burhan Fajari Arfian S.Sos memberi pernyataan serupa saat dikonfirmasi. Di mata Dandim pasuruan ini, kegiatan yang dilakukan anggotanya bersama masyarakat Desa beji merupakan upaya alami dalam pembasmian serangga. Dengan adanya bunga refugia, pemakaian insektisida atau obat kimia lainnya dapat dikurangi. Dampaknya tentu akan menyehatkan hasil panen nanti.

Selain sebagai penangkal hama pada tanaman padi , refugia juga tanaman bunga  yang banyak warnanya yang dapat memperindah lingkungan serta mudah untuk di tanam dan cepat hidup. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua bapak Koderi dari kabupaten Pasuruan dan Tim, Kasun Rodowo bapak Haris, Anggota koramil 0819/11 beji Sertu Addy.S beserta 3 orang anggota.(FJ)

0 Komentar