PASURUAN - Danramil 0819/19 Prigen Kapten Arh Joni Effendi beserta Babinsa kelurahan prigen menghadiri Festival Rebana Klasik sekabupaten pasuruan, pada hari minggu (24/02/2019).

Bertempat di Aula Padu Rata Kelurahan Prigen, Festival Rabana Klasik tersebut diikuti sejumlah 20 grup rebana se kabupaten pasuruan.

Dalam sambutannya Danramil 0819/19 Prigen Kapten Arh Joni Effendi mengatakan Seiring perkembangan zaman, rebana, sebagai salah satu kesenian musik tradisional bernuansa islami semakin kurang diminati. Sebaliknya, kesenian modern yang notabene datang dari kebudayaan asing, justru berkembang pesat dan akrab di kalangan masyarakat masa kini.

“Kita harus segera bangun dan melihat serta peduli terhadap kesenian kita sendiri. Rebana adalah salah satu kesenian tradisional islmai yang patut kita lestarikan,” ucap Kapten Arh Joni Effendi

Festival Rebana ini wajib menjadi agenda rutin Pemkab pasuruan Tujuannya, agar salah satu kesenian islam yang ddirasa mulai tersingkir ini bisa lestari dan menggenerasi. Tidak hanya itu, melalui keterampilan bermusik dengan alat yang sederhana ini juga dapat meningkatkan silaturrahmi dan kekompakan antar masyarakat.

“Kita patut berterimakasih kepada para pecinta kesenian rebana di pasuruan ini. Makanya perlu ada kompetisi sebagai pemicu sekaligus pemacu masyarakat untuk menyintai rebana. Ini salah satu tujuan adanya festival ini,” tutup Danramil. (FJ)

0 Komentar