PASURUAN - Memasuki musim panen padi yang sedang berlangsung, dan untuk mendukung penyerapan gabah/beras petani oleh perum Bulog, Tim Sergap Mabesad bersama Tim Ketahanan Pangan Pusat melakukan safari serapan gabah petani (Sergap) ke wilayah Kodim 0819 Pasuruan, pada hari Selasa (22/01/2019).


Safari Serapan Gabah (Sergab) diwilayah Kodim 0819 Pasuruan dihadiri Bpk. Ir. Devi Tim Ketahanan Pangan Nasional, 2 orang Tim Sergap Mabesad dipimpin Kolonel Arm Purbo, Letkol Inf Fifin Waaster Kasdam V/BRW, Letkol Arh Burhan Fajari Arfian, S.Sos Dandim 0819 Pasuruan bersama jajarannya, Bapak Benny Kabulog Gadingrejo Pasuruan dan staf Ketahanan Pangan Kab/Kota Pasuruan, meninjau kesediaan beras di Bulog Gadingrejo Pasuruan dilanjutkan ke lahan pertanian siap panen sawah milik Bpk. H. Salam di Desa Blandongan Kec. Bugul Kidul Kota Pasuruan.


"Upaya menyerap gabah petani ini sangat penting dilakukan Bulog untuk mengisi cadangan pangan pemerintah dan jajaran Bulog dibantu TNI harus segera menyerap gabah petani. Momentum ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, mumpung saat ini sedang panen raya, sehingga harga tidak jatuh " kata Ir Defi (Tim Ketahanan Pangan Pusat)

" Serap gabah petani juga dilakukan untuk membantu petani memperoleh harga yang menguntungkan, agar petani termotivasi dalam menjalankan usahanya, kasihan petani kalau terus merugi. Mereka adalah pahlawan pangan yang sebenarnya, karena mereka inilah yang memproduksi dan menghasilkan pangan, apalagi saat ini Bulog sudah diberi keleluasaan untuk membeli gabah dengan fleksibilitas HPP 20%," tambah Ir. Defi.

Letkol Arh Burhan Fajari Arfian, S.Sos Dandim 0819 Pasuruan menyampaikan “Kodim 0819 Pasuruan bersama jajaran siap membantu  upaya pemerintah untuk mencapai target serapan gabah antara lain sudah dilakukan pemetaan daerah yang akan panen, melakukan koordinasi dan eksekusi pembelian langsung di lapangan bersama-sama Bulog”. 

0 Komentar