PASURUAN - Bertempat di Ruang Aula Satpol PP Kota, Danramil 0819/01 Kota Pasuruan Kapten Inf Khaerudin Latif memberikan Materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan kepada Perwakilan Linmas di masing2 Kelurahan di Wilayah Kota Pasuruan, pada hari senin (28/01/2019).


Danramil 0819/01 Kota Pasuruan Kapten Inf Khaerudin Latif menyampaian bahwa empat pilar kebangsaan negara Republik Indonesia hal mutlak yg harus dketahui dan dipahami oleh peserta latsar linmas,dalam hal ini empat pilar negara kita terdiri dari Pancasila,UUD 45, Bhineka tunggal ika,dan NKRI.

“Pancasila sebagai dasar negara,pancasila sebagai jiwa dan kepribadian negara,pancasila sebagai ideologi negara serta pancasila sebagai tujuan hidup kita, UUD 45 merupakan dasar pedoman negara untuk meraih kemerdekaan,sehingga tugas kita sekarang adalah untuk mempertahankan kemerdekaan itu dr segala macam hal ancaman baik dr dalam maupun luar negeri, Bhineka tunggal ika merupakan semboyan negara untuk mempersatukan seluruh wilayah,suku,budaya,bahasa dan agama dseluruh wilayah negara kita, NKRI harga mati untuk setiap rakyat indonesia untuk menjaga agar tidak terpecah belah oleh kepentingan dan ancaman dari dalam maupun dari luar,” katanya.

Dalam pemberiaan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara  Danramil Kapten Inf Khaerudin Latif menekankan bahwa pancasila dan UUD 45 adalah sebagai dasar negara, jika ada suatu kelompok atau ormas yg akan menggu atau merubah dasar negara maka kewajiban kita sebagai rakyat negara republik indonesia wajib untuk mempertahankannya, agar persatuan dan kesatuan negara tetap aman dan damai.

Diharapkan setelah menerima wawasan kebangsaan para peserta mengerti dan memahami akan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, untuk menjaga keamanan dan ketertiban lingkunganya, serta dalam kegiatannya sehari-hari mampu untuk mengemban tugas sebagai aparat keamanan desa dan lingkunganya.

Disaat bersamaan Babinsa Kelurahan Kepel Kecamatan Bugul kidul juga melaksanakan Patroli Cipta kondusif ke Wilayah wilayah dwngan diikuti Anggota Satpol PP, Trantib Kecamatan, dan dari  pihak Polisi. (FJ)

0 Komentar