PASURUAN - Kesuburan pertumbuhan padi tidak hanya dengan diberikan pupuk serta disemprot saja, tetapi rumput di sekeliling tanaman padi juga harus selalu dibersihkan sehingga ketersediaan makanan untuk tanaman padi tidak diserap oleh gulma atau rumput pengganggu.


Gulma yang dibiarkan dapat menurunkan hasil panen, karena adanya persaingan antara gulma itu sendiri dengan tanaman padi dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.

Maka dari itu Babinsa jeladri Serda Jasim anggota Koramil 0819/15 Winongan membantu petani membersihkan gulma di sawah seluas 1 ha milik bapak kasan di Dusun sentono Desa Jeladri kecamatan winongan kabupaten pasuruan,Rabu (19/12/2018)

Disela-sela kegiatan membantu petani, Sertu Parlan menyampaikan bahwa tindakan paling dini dalam upaya menghindari kerugian akibat serangan gulma adalah pencegahan untuk mengurangi pertumbuhan gulma.

“Pencegahan tersebut merupakan langkah yang paling tepat untuk menjamin tumbuh kembangnya tanaman padi, sehingga kerugian yang ditimbulkan dari gangguan gulma bisa dihindari “,tutur serda jasim

Dengan adanya pendampingan para Babinsa turun ke sawah untuk pendampingan petani, maka diharapkan tanaman padi akan tumbuh dengan maksimal dan hasil yang akan dicapai petani pun akan melimpah.

Bapak kasan pemilik lahan menyampaikan, dengan terlibatnya Babinsa di program pendampingan pertanian, saya pribadi mengucapkan banyak terimakasih dan kami sebagai petani merasa sangat terbantu. (Fery J.M)

0 Komentar