PASURUAN - Hari Rabu (10/10/2018) Pukul 08.00 Wib Danramil 0819/25 Gadingrejo Kapten Inf Yudi Santriyo menghadiri Undangan dalam acara Sosialisasi Pelayanan Administrasi Kependudukan dari Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pasuruan di RM. Kebon Pring Jl. Jend Ahmad Yani No.235 Kota Pasuruan. 

Sosialisasi tersebut dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dibidang Administrasi Kependudukan  menuju masyarakat yang tertib, pemerintahan yang efektif dan efisien dan negara yang memiliki daya saing. 

Kegiatan sosialisasi tentang Kebijakan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah pusat melalui Kementrian Dalam Negeri yang dituangkan dalam Instruksi Mendagri Nomor 470/837/SJ Tentang Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA). GISA mewajibkan seluruh warga masyarakat memiliki dokumen administrasi kependudukan secara lengkap di dalam rumah tangganya. Dokumen tersebut adalah Biodata, KTP elektronik, Kartu Keluarga, akta kelahiran, akta kematian bagi keluarga yang telah meninggal dunia, Akta Perkawinan dan Akta Perceraian dan Kartu Identitas Anak (KIA). Dokumen-dokumen tersebut wajib dimiliki untuk keperluan layanan publik seperti pengurusan BPJS, SIM, perbankan, paspor dan keperluan untuk mencari sekolah.

Pada Kesempatan tersebut Tim Sosialisasi Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Disdukcapil Kota Pasuruan pada arahannya mengatakan  pentingnya masyarakat untuk memiliki Dokumen Administrasi Kependudukan dan proses penerbitannya yang diatur pada peraturan Perundang-undangan.

Danramil 0819/25 Gadingrejo Kapten Inf Yudi Santriyo juga mengatakan bahwa, administrasi kependudukan sangat penting. Masyarakat diminta untuk memiliki kesadaran melaporkan data diri atas perubahan-perubahan.

“Dokumen kependudukan seperti KTP dan KK kelihatannya sepele, tapi suatu saat apabila ada peristiwa yang menimpa kita, dokumen dokumen itu sangat diperlukan sesuai peruntukannya,” tutup Kapten Inf Yudi Santriyo .(Fery J.M)

0 Komentar